BUNG AYO BUNG BERBAGI KENANGAN

Halaman

Rabu, 16 Januari 2013

KAMUS BETAWI YANG MASUK JAJARAN INTERNASIONAL

Rabu, 16 Januari 2013

Abang
Kakak Laki-laki
Abreg/seabreg
Melimpah ruah, banyak sekali
Acak Adul
Tidak beraturan, tidak rapi, Berantakan
Adé
Ada
Agan
Tuan, Juragan
Ajag Ijig
Mondar mandir
Ajé
Saja
Amé
sama , dengan
Amprog
Ketemu, bertemu tidak sengaja
Antepin
Dibiarkan
Ayé
Saya, Aku
Babé
Ayah
Balé
Tempat tidur
Bawé
Bawa, bawah ; Bawaan = buah tangan, oleh-oleh
Bégo
Bodoh, tolol
Bejibun
Banyak sekali
Bejubel
Berdesak-desakan
Bekén
Terkenal, Tersohor, tenar
Belangsak
Tersesat, kesasar, kondisi yang sulit
Belépotan
kotor
Berabé
Celaka
Berapé
Berapa, kata untuk menayakan jumlah/angka/bilangan
Bontot
Anak paling terakhir, anak paling kecil, bungsu
Bujubuné
Kata yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan takjub, kaget, hebat, luar biasa, mantap dan sejenisnya. Contoh : Bujubuné ini bocah, dari tadi makan kagak adé abisnyé...
Butut
kuno, tua, model lama, jadul
Cablak
Asal ngomong, asal bicara, asal nyeplos, bawel
Centéng
Pendekar
Demplon
Montok
Doang
saja, aja ; Seharian gue cuman makan nasi uduk doang = Seharian saya hanya makan nasi uduk saja.
Dongo
Tolol, dungu                                                                                                                     
Emang
Memang

Empok
Kakak Perempuan

Encang
Paman

Encing
Bibi, Tante

Engkong
Kakek

Entong, Tong
Anak laki-laki

Enyak
Ibu

Ganjen
Genit

Gaplok
Tampar

Gue, Gua
Saya, aku

Iya
Iyé

Kagak
Tidak

Képrét
Menampar dengan bagian luar tangan

Kité
Kita

Lo, Loe, Lu
Kamu, Anda















Mendusin
Bangun tidur
NEnggak
Minum
Ngacir
Lari terbirit-birit
Ngendon
Diam di suatu tempat
Norak
Kampungan; berlebih-lebihan, merasa heran berlebihan
Nyai
Nenek
Nyang
Yang
Nyelonong
Lewat tidak permisi/tidak minta ijin
Nyok
Ayo, mari
Ogah
Tidak mau
Ribet
susah, rumit, sulit, bertele-tele
Saban
Setiap
Songong
sombong, congkak, arogan
Tampol
Tempeleng, Tonjok, Tinju, Pukul, Tampar

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah bagus mas buat saya belajar bahasa jawa . (LOH)

Luffyh mengatakan...

benar

Posting Komentar

No spam, No Junk, No SARA ..
Fun only

 
Kenangan di buang sayang © 2008. Design by Pocket